RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : MTs.N1 Jakarta
Mata Pelajaran :
BAHASA ARAB
Kelas/Semester :
VIII / 2
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit (1 Kali Pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi (Menulis)
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman
dan informasi melalui kegiatan menulis tentang hobi dan profesi
B. Kompetensi
Dasar
3.2 Mengungkapkan
informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang: المهنة والهواية
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat Menyampaikan informasi dan gagasan secara
tertulis dalam kalimat sederhana tentang: المهنة والهواية
D. Indikator
1.
Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disediakan sesuai konteks
2.
Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai
3.
Melengkapi kalimat dengan memilih ungkapan yang benar
E.
Materi
Pembelajaran
نتكلّم اليوم عن الهواية.الهوايات كثيرة, مثل التّصوير,
والرّياضة, حثّ لكم أن تملكوا هواية.هي مهمّة جدّا لتواجه المرحلة المراهقة.
أنا أحمد أمين.أنا الأن في المكتبة. أحبّ أن أقرأ كتابا عن أصحاب المهنة. وهم الفلّاح ةالبائع ووالمهند س والشّرطيّ والطّبيب وغيرهم.
F.
Metode
Pembelajaran
§ Eksplorasi
§ Elaborasi
§ Konfirmasi
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
|
Nilai yang
ditanamkan
|
1. Pendahuluan
:
Apersepsi dan Motivasi :
§ Zona nol (pengkondisian kelas)
§ Guru mengawali kegiatan dengan berdoa.
§ Guru menjelaskan metode apa yang akan
digunakan 13 menit ke depan
§ Guru menentukan menginformasikan gambar yang akan diidentifikasi oleh
para siswa/i
§ Guru meminta siswa membentuk kelompok diskusi
2.
Kegiatan inti
§ Eksplorasi : Guru memperlihatkan
teks dan gambar-gambar tentang hobi di depan kelas
§ Siswa mengidentifikasi teks dan gambar-gambar tsb dengan teman-temannya
§ Guru membantu memahamkan siswa dengan simulasi gerak dan penjelasan
bahasa Arab secara lisan dan tulisan
§
Elaborasi :
§ Siswa menginventarisir jenis-jenis hobi dalam bahasa Arab
§ Siswa mencoba mengemukakan hobinya
masing-masing secara lisan dan tulisan
§ Siswa bertanya jawab dengan pertanyaan ماهوايتك؟
§ Siswa mengerjakan latihan
§ Guru mengevaluasi jawaban-jawaban
siswa/i
§ Konfirmasi : Siswa bersama guru mengevaluasi hasil kerjanya
§ Guru mengkonfirmasikan jawaban siswa yang tepat sesuai perintah yang
telah ditentukan
v
Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan dan tulisan
§ Memberikan tugas pengayaan
|
5
10
10
5
20
20
5
5
|
Mandiri mengungkapkan gagasan
|
Religius,
Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
|
H.
Sumber Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab kelas VIII karya
Dr.D.Hidayat, Semarang : Toha Putra 2009
§ Lembar Kerja Siswa
§ Buku Panduan
§ Media gambar aktivitas siswa di madrasah
I.
Assessment / Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
||||
§ Religius, Jujur,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
|
1.Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disediakan sesuai konteks
3.Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai
4. Melengkapi kalimat dengan memilih ungkapan yang benar
|
§ Tes lisan
§ Tes Tulis
|
Uraian
|
§ Jawablah pertanyaan-pertanyaan yang telah ditentukan
dengan tepat!
|
||||
Mengetahui
Kepala Madrasah
Drs. Imam
Sayuti, M.Pd
NIP/NIK.
|
|
Jakarta, 18
Februari 2013
Guru Bidang Studi Bahasa Arab
Luthfi Mulyadi,
S.Th.I
NIP/NIK.
|
||||||
التّدريب للكتابة :
1.ما هوايتك؟
2.ماذا تحبّ أن تعمل في
المكتبة؟
3.ماذا تحبّ أن تعمل في
الملعب؟
4.ما ذا تحبّ أن تعمل
بالحاسوب؟
5.ما تشعر في كرة القدم؟
الإجابة
1.هوايتي لعب كرة القدم
2.أحبّ أن أقرأ الكتب فيها
3.أحبّ أن العب كرة
القدم فيه
4.أحبّ به أن أكتب القصّة القصيرة
5.أحبّ كرة القدم
Tidak ada komentar:
Posting Komentar