Sesuai dengan Permenag RI No. 2 Th. 2008
|
اللغة
العربية
BAHASA
ARAB
KURIKULUM 2008
KELAS VIII
|
MADRASAH TSANAWIYAH
|
MODUL
BAHASA
ARAB
MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VIII
DisusunSebagaiTugasKelompok
Pada
Mata KuliahPemantapandanPengembanganBahan Ajar
danPembelajaranBahasa
Arab Berbaasis ICT
Dosen : Ahmad Royani, M.Hum
Penyusun:
1.
Zaenuddin
2.
Muchtar Sudibyo
3.
Luthfi Mulyadi
4.
Ubaidillah
5.
Ai Muflihah
6.
NoviRosyimen
PENDIDIKAN
PROFESI GURU (PPG)
UIN
SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
Jl.
Ir. H. JuanandaNo. 95 Ciputat 15412 Jakarta – Indonesia
TAHUN 2013
Judul Buku : Bahasa Arab
Penyusun : Muchtar Sudibyo
Zaenuddin
Luthfi Mulyadi
Ubaidillah
N. Ai
Muflihah
Novi R
Reviewer
: -
Tata Letak & Desain
Cover : Muchtar Sudibyo
Hak cipta dan hak moral
pada penulis
Hak penerbitan atau hak
ekonomi pada Direktorat Jenderal Pendidikan
Islam
Kementerian Agama RI
Diperkenankan memperbanyak sebagian atau seluruhnya
dari isi buku ini dalam bentuk dan dengan cara apapun tanpa seijin penulis agar
ilmu tersebar luas tanpa batas.
Cetakan
Ke-1, Belum diterbitkan
ISBN : PPG-2012
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah swt yang menurunkan Al Qur’an dengan bahasa arab.
Shalawat dan Salam semoga dilimpahkan kepada junjunan Agung Nabi Muhammad SAW
yang paling fasih melafalkan huruf “Dhad”. Yang tutur katanya singkat padat
penuh makna.
Alhamdulillah dengan izin dan karunia-Nya kami
bisa menyelesaikan Tugas Pembuatan modul
Bahasa Arab untuk MTs. KelasVIIIyang merupakantugas Mata
KuliahPemantapandanpengembanganbahan Ajar danPembelajaranBahasa Arab Berbasis
ICT.
Modul Pelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) kelas
VIII ini mengacu pada silabus Kurikulum Permenag RI No. 2 Th. 2008.
Adapun tujuan
penyusunan buku modul ini adalah untuk mengembangkan kompetensi peserta didik
dalam keterampilan bahasa arab yang terdiri dari : keterampilan menyimak,
berbicara, membaca dan menulis. Disamping juga meningkatkan kecintaan peserta
didik terhadap bahasa arab.
Atas dasar
tersebut kami mencoba menyusun modul dengan mengacu kepada aspek kompetensi
keterampilan bahasa arab yang masing-masing tercangkup di dalamnya unsur bahasa
itu sendiri : ashwat (bunyi), mufrodat (kosa kata) dan tarkib (tata bahasa) dan
kompetensi komunikatif yang mengantarkan peserta didik mampu berbahasa sesuai
dengan budaya dan gaya bahasa yang digunakan oleh orang arab.
Terimakasih kami ucapkan kepada Bapak A. Royani, M. Hum. selaku
Dosen pengampu Mata Kuliah Pemantapan dan pengembangan bahan Ajar dan
Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis ICT
pada Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan UIN SYARIF
HIDAYATULLAH JAKARTA
Kami mengharapkan agar buku ini mampu memberikan
informasi yang dibutuhkan secara lengkap. Kami tentu menyadari, sebagai sebuah
modul, buku ini masih membutuhkan penyempurnaan dan pendalaman lebih lanjut.
Untuk itulah, masukan dan kritik konstruktif dari para pembaca sangat kami
harapkan.
Semoga
upaya yang telah dilakukan ini mampu menambah makna bagi peningkatan mutu
pendidikan Islam di Indonesia, dan tercatat sebagai amal saleh di hadapan Allah
swt. Akhirnya, hanya kepada-Nya kita semua memohon petunjuk dan pertolongan
agar upaya-upaya kecil kita bernilai guna bagi pembangunan sumberdaya manusia
secara nasional dan peningkatan mutu umat Islam di Indonesia. Amin
Wassalamu’alaikum
wr. wb.
Jakarta,
Januari 2013
Tim
Penyusun Modul
Daftar Isi
Kata Pengantar
............................................................................................
iii
Daftar Isi
................................................................................................................
v
MODUL I :
الســاعة
Pendahuluan
..........................................................................................................
Tujuan Pembelajaran ………………………………………………………………….
Paparan Wacana tentang Jam ………………………………………………………..
Kosa Kata Baru ………………………………………………………………………….
Rangkuman Pembahasan ……………………………………………………….
Kegiatan Belajar 1 : Keterampilan Menyimak ( الاستماع )
......................................
SK/KD/Indikator
Latihan 1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban
....................................................
Rangkuman
.......................................................................
Kegiatan Belajar 2: Keterampilan Berbicara ( الكلام )..........
SK/KD/Indikator
Latihan 1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban
....................................................
Rangkuman
.......................................................................
Kegiatan Belajar 3: Keterampilan Membaca ( القراءة )..........
SK/KD/Indikator
Latihan 1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban
....................................................
Rangkuman
.......................................................................
Kegiatan Belajar 4: Keterampilan Menulis ( الكتابة )..........
SK/KD/Indikator
Latihan 1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban
....................................................
Rangkuman
.......................................................................
Tes Formatif 1
...................................................................
Daftar Pustaka
......................................................................................................
MODUL II :
النشاطات
فى المدرسة
Pendahuluan ..........................................................................................................
TujuanPembelajaran
………………………………………………………………….
PaparanWacanatentangKegiatan di Madrasah …………………..
Kosa Kata Baru
………………………………………………………………………….
RangkumanPembahasan
……………………………………………………….
Kegiatan Belajar 1 : Keterampilan Menyimak ( الاستماع )
......................................
SK/KD/Indikator
Latihan 1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban
....................................................
Rangkuman
.......................................................................
Kegiatan Belajar 2: Keterampilan Berbicara ( الكلام )..........
SK/KD/Indikator
Latihan 1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban
....................................................
Rangkuman
.......................................................................
Kegiatan Belajar 3: Keterampilan Membaca ( القراءة )..........
SK/KD/Indikator
Latihan 1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban
....................................................
Rangkuman
.......................................................................
Kegiatan Belajar 4: Keterampilan Menulis ( الكتابة )..........
SK/KD/Indikator
Latihan 1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban
....................................................
Rangkuman
.......................................................................
Tes Formatif 2
...................................................................
Daftar Pustaka ......................................................................................................
MODUL III :
النشاطات
فى البيت
Pendahuluan
..........................................................................................................
Tujuan Pembelajaran ………………………………………………………………….
Paparan Wacana tentang Kegiatan di Rumah …………………………..
Kosa Kata Baru ………………………………………………………………………….
Rangkuman Pembahasan ……………………………………………………….
Kegiatan Belajar 1 : Keterampilan Menyimak ( الاستماع )
......................................
SK/KD/Indikator
Latihan1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban
....................................................
Rangkuman .......................................................................
Kegiatan Belajar 2: Keterampilan Berbicara ( الكلام )..........
SK/KD/Indikator
Latihan 1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban
....................................................
Rangkuman
.......................................................................
Kegiatan Belajar 3: Keterampilan Membaca ( القراءة )..........
SK/KD/Indikator
Latihan 1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban
....................................................
Rangkuman
.......................................................................
Kegiatan Belajar 4: Keterampilan Menulis ( الكتابة )..........
Latihan 1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban
....................................................
Rangkuman
.......................................................................
Tes Formatif 3
...................................................................
Daftar Pustaka
......................................................................................................
GLOSARIUM
Glosarium Modul 1
............................................................................................
Glosarium Modul 2
............................................................................................
Glosarium Modul 3 ............................................................................................
KUNCI JAWABAN
Kunci Jawaban Modul 1
........................................................................................
Kunci Jawaban Modul 2 ........................................................................................
Kunci Jawaban Modul 3
........................................................................................
Tentang Penulis
............................................................................................
MODUL 1
الســـاعة
الـــــــعَـــــــــــرْضُ
انظر و استمع و أعد !
الحوار
|
الصورة
|
الأب : فِى أَىِّ سَاعَةٍ نَذْهَبُ
إلى الْمَدْرَسَة ؟
أحمد : نَذْهَبُ فِى السَّاعَةِ
السَّادِسَةِ وَالنِّصْفِ
بَعْدَ تَنَاوُلِ الفُطُوْرِ
أحمد : كَمِ السَّاعَةِ الآنَ ؟
الأب: السَّاعَةُ السَادِسَةُ
تَعَالَى نَتَاوَلُ الْفُطُوْرَ ،
ثُمَّ نَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ
|
|
خالد : كَمْ سَاعَةً يَسْتَغْرِقُ
الذِّهَابُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ ؟
أحمد : يَسْتَغْرِقُ نِصْفُ
سَاعَةٍ
خالد : بِالسَّيَّارَةِ ؟
أحمد : نَعَمْ ، بِالسَّيَّارَةِ .
اَلْمَدْرَسَةُ بَعِيْدَةٌ قَلِيْلاً عَنِ الْبَيْتِ .
|
|
محمود :
مَتَى تَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَة ؟
أحمد :
أَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ فِى السَّابِعَةِ
محمود :
أَنَا أَعْمَلُ الْوَاجِبَ لَيْلاً قَبْلَ النَّوْمِ
أحمد :
وَأَنَا أَنَامُ بَعْدَ الْمُذَاكَرَةِ فِى السَّاعَةِ الْحَادِيَةَ عَشَرَة
لَيْلاً
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar