Rabu, 01 Juni 2016

Cinta30cm


Ia sampai mundur selangkah ketika salat ketika melihat aku. Aku heran cowok macam apa sebenarnya ia. Jelas aku suka padanya. Entah ia padaku. Aku terus mencari tahu. Sejak peristiwa itu aku selalu bertanya-tanya.

Aku Ria. Aku siswi di salah satu madrasah di Jakarta Selatan. Usiaku 11 tahun sekarang. Aku duduk di kelas 7MTs. Dan, dia. Dia sang misterius namanya Gafar. 

Tidak seperti cowok yang diidam-iidamkan banyak teman perempuanku. Gafar bukan anggota Futsal, Basket terlebih jago main gitar. Bagi teman-teman cewek,cowok yang pintar main gitar itulah yang paling  keren meski bandel.

"menurut lo, gimana sih Gafar?" kutanya pada temanku Nia yang banyak kenal cowok

"Gafar?,hahahaha, manis sih,tapi agak aneh gitu".jawab Nia
"maksud lo?" kembali kukejar pernyataan Nia yang gak jelas
"sebentar, gue mikir dulu ya,kalo perlu gue tanya dulu sama pak Baros,hehehe" tambah Nia. Ia mungkin banyak tahu tentang cowok2 yang dikenal bandel, tapi tidak untuk cowok2 yang baik.

"apa,apaan pake nanya pak Baros,gak usah ah,gue kan malu!",cegahku

'"Udah tenang aja, yang penting usahanya halal, pak Baros kan banyak kenal cowok dan cewek sampe jero2annya,hehehe...",lagi2 Nia menjawab dengan disertai tawa.

"pokoke,kalo ketauan lo tanggung jawab ya!" mintaku sekali lagi
"beres jeeeng!" ia pun segera pergi entah kemana.

                                                 ***
Pagi menjelang di sekolah. Aku tak sabar ingin mendengar kabar dari Nia tentang Gafar. Belum juga aku bertemu dengan Nia, Gafar segera melintas di depanku sambil menunduk. Langkahnya cukup cepat seakan menghindar dari anjing galak.

"sialan, dia kabur sampe kayak gitu, emang gue apaan?" sesalku

Meski begitu cepat langkahnya, entah bagaimana wajahnya yang lugu terekam mudah diotakku. Melintas selalu dalam bayangku. Sering bengong jadinya.

"Woy!,banguuuun!" tiba-tiba Nia muncul disampingku, ketahuan deh aku bayangin dia.

"eh,elo.Gimana-gimana,informasi dari pak Baros",langsung saja kukejar jawabannya.

"tenang,tenang,woles sista,hehehe" gaya anak reggae

"halaah, buruan ah GC!" mintaku
"pokoke,pak Baros TOP BEGETE.Doi tau juga tentang Gaffar sampe jeroannya,hahay"

"Sumpe lo?,Nia lo jangan bercanda mulu apa?,lo php in gue kan?",sambil berharap kutunjukkan ekspresi surprise.

"Dah, diem dulu, gue bakal cerita panjang lebar tentang Gaffar. Mungkin selesainya nanti Maghrib,hehehe",Nia kembali cengengesan.
"Gaffar itu anak dari seorang pedagang di daerah Pancoran. Bukan keturunan kyai. Ayahnya rajin banget ikut pengajian di musholla dekat rumahnya". 

"Meski ngajinya cuma di samping rumah, ayahnya ngotot banget mau praktekin ilmu yang mungkin gak banyak itu. Bukan ahli salawat,bukan ahli tahajjud, bukan ahli puasa, ia ngotot banget harus konsumsi makanan halal meski tidak banyak. Ia ingin sekali anaknya menjadi anak soleh"

Aku terkesima mendengarnya.
"trus!"pintaku kepada Nia untuk meneruskan ceritanya.

"Satu yang gak banyak cewek tau Ri, ciri 2 cowok yang soleh itu kata Pak Baros, ia menghormati cewek dengan menjaga jarak. Karena kalo cowok udeh deket sama cewek pasti gak kuat mau sentuh pegang dll, itu tandanya cowok normal" Nia,makin serius

"Oh, gitu ya?",sambil garuk kepalaku,merasa agak aneh

"Aneh ya?,justru itu yang benar kata Pak Baros, tapi gue pikir2 masuk akal banget kok. Rata-rata cowok yang deket gue minimal colek2 gue gitu. Mereka gak kan kuat tuk gak sentuh kita yang dah ada di depan mata. Makanya daripada tersiksa momogi (mau lagi mau lagi yang macem-macem mending dia putuskan jaga jarak).

"Gila, keren juga tuh pemikiran,kita gak pernah tuh mikir kaya gitu" sambut Ria semangat.

"gue juga gak nyangka Pak Baros bisa paham kaya gitu,hehehe",kembali tertawa

"Trus!", Ria kembali minta ceritanya diteruskan 

"Ah, gue capek,neh lo pelajarin dulu coret2an gue hasil wawancara sama Pak Baros" Nia memberikan secarik kertas kepadaku


bukan jijik tapi takzim, hormat
ia meyakini jika dekat cewek ia tak akan kuat, 
jadi ia putuskan tuk tak dekat

solusi?
jodoh taqdir allah jalani saja?
nyatakan enggak?
malu sebagai perempuan?
cukup nyatakan gak pake pacaran?

nyatakan suka gak pake pacaran mungkin kah?
mubazir doong, gak ngapa ngapain?
abang gue larang gue pacaran,dia sendiri pacaran?
Abang gue sadar bahwa cowok gak kan kuat kalo gak ngapa-ngapain sama pacarnya,maka ia takut itu terjadi sama adiknya
pacaran motivasi belajar bisa jadi bagi sebagian orang
gak semua anak bisa jalanin pacaran
pacaran siap putus,sakit hati,kecewa
pacaran ketika siap
kalo belum siap ngapain?








Tidak ada komentar: