Selasa, 16 April 2013

bahan ajar luthfi



Sesuai dengan Permenag RI No. 2 Th. 2008
Tim Penyusun Modul


اللغة العربية
BAHASA ARAB
KURIKULUM 2008




KELAS VIII
MADRASAH TSANAWIYAH
 











MODUL
BAHASA ARAB
MADRASAH TSANAWIYAH KELAS VIII

DisusunSebagaiTugasKelompok
Pada Mata KuliahPemantapandanPengembanganBahan Ajar
danPembelajaranBahasa Arab Berbaasis ICT

Dosen : Ahmad Royani, M.Hum

Penyusun:
1.                   Zaenuddin
2.                   Muchtar Sudibyo
3.                   Luthfi Mulyadi
4.                   Ubaidillah
5.                   Ai Muflihah
6.                   NoviRosyimen



PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
Jl. Ir. H. JuanandaNo. 95 Ciputat 15412 Jakarta – Indonesia
 TAHUN 2013



Judul Buku                   : Bahasa Arab
Penyusun           : Muchtar Sudibyo
                             Zaenuddin
                             Luthfi Mulyadi
                             Ubaidillah
                             N. Ai Muflihah
                             Novi R


Reviewer : -
Tata Letak & Desain Cover : Muchtar Sudibyo
Hak cipta dan hak moral pada penulis
Hak penerbitan atau hak ekonomi pada Direktorat Jenderal Pendidikan
Islam Kementerian Agama RI

Diperkenankan memperbanyak sebagian atau seluruhnya dari isi buku ini dalam bentuk dan dengan cara apapun tanpa seijin penulis agar ilmu tersebar luas tanpa batas.


Cetakan Ke-1, Belum diterbitkan

ISBN : PPG-2012











KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah swt yang menurunkan Al Qur’an dengan bahasa arab. Shalawat dan Salam semoga dilimpahkan kepada junjunan Agung Nabi Muhammad SAW yang paling fasih melafalkan huruf “Dhad”. Yang tutur katanya singkat padat penuh makna.
Alhamdulillah dengan izin dan karunia-Nya kami bisa menyelesaikan Tugas Pembuatan  modul Bahasa Arab untuk MTs. KelasVIIIyang  merupakantugas Mata KuliahPemantapandanpengembanganbahan Ajar danPembelajaranBahasa Arab Berbasis ICT.
Modul Pelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) kelas VIII ini mengacu pada silabus Kurikulum Permenag RI No. 2 Th. 2008.
Adapun tujuan penyusunan buku modul ini adalah untuk mengembangkan kompetensi peserta didik dalam keterampilan bahasa arab yang terdiri dari : keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Disamping juga meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap bahasa arab.
Atas dasar tersebut kami mencoba menyusun modul dengan mengacu kepada aspek kompetensi keterampilan bahasa arab yang masing-masing tercangkup di dalamnya unsur bahasa itu sendiri : ashwat (bunyi), mufrodat (kosa kata) dan tarkib (tata bahasa) dan kompetensi komunikatif yang mengantarkan peserta didik mampu berbahasa sesuai dengan budaya dan gaya bahasa yang digunakan oleh orang arab.
Terimakasih kami ucapkan kepada Bapak A. Royani, M. Hum. selaku Dosen pengampu Mata Kuliah Pemantapan dan pengembangan bahan Ajar dan Pembelajaran Bahasa Arab  Berbasis ICT pada Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
Kami mengharapkan agar buku ini mampu memberikan informasi yang dibutuhkan secara lengkap. Kami tentu menyadari, sebagai sebuah modul, buku ini masih membutuhkan penyempurnaan dan pendalaman lebih lanjut. Untuk itulah, masukan dan kritik konstruktif dari para pembaca sangat kami harapkan.
Semoga upaya yang telah dilakukan ini mampu menambah makna bagi peningkatan mutu pendidikan Islam di Indonesia, dan tercatat sebagai amal saleh di hadapan Allah swt. Akhirnya, hanya kepada-Nya kita semua memohon petunjuk dan pertolongan agar upaya-upaya kecil kita bernilai guna bagi pembangunan sumberdaya manusia secara nasional dan peningkatan mutu umat Islam di Indonesia. Amin
Wassalamu’alaikum wr. wb.


Jakarta, Januari 2013
Tim Penyusun Modul

Daftar Isi
Kata Pengantar ............................................................................................ iii
Daftar Isi ................................................................................................................ v

MODUL I :
الســاعة
Pendahuluan ..........................................................................................................
Tujuan Pembelajaran ………………………………………………………………….
Paparan Wacana tentang Jam ………………………………………………………..
Kosa Kata Baru ………………………………………………………………………….
Rangkuman Pembahasan ……………………………………………………….

Kegiatan Belajar 1 : Keterampilan Menyimak  ( الاستماع ) ......................................
SK/KD/Indikator
Latihan 1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban .................................................... 
Rangkuman ....................................................................... 

Kegiatan Belajar 2: Keterampilan Berbicara ( الكلام )..........
SK/KD/Indikator
Latihan 1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban .................................................... 
Rangkuman ....................................................................... 

Kegiatan Belajar 3: Keterampilan Membaca ( القراءة ).......... 
SK/KD/Indikator
Latihan 1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban .................................................... 
Rangkuman ....................................................................... 

Kegiatan Belajar 4: Keterampilan Menulis ( الكتابة ).......... 
SK/KD/Indikator
Latihan 1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban .................................................... 
Rangkuman ....................................................................... 
Tes Formatif 1 ...................................................................
Daftar Pustaka ......................................................................................................
MODUL II :
النشاطات فى المدرسة
Pendahuluan ..........................................................................................................
TujuanPembelajaran ………………………………………………………………….
PaparanWacanatentangKegiatan  di Madrasah …………………..
Kosa Kata Baru ………………………………………………………………………….
RangkumanPembahasan ……………………………………………………….

Kegiatan Belajar 1 : Keterampilan Menyimak  ( الاستماع ) ......................................
SK/KD/Indikator
Latihan 1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban .................................................... 
Rangkuman ....................................................................... 

Kegiatan Belajar 2: Keterampilan Berbicara ( الكلام )..........
SK/KD/Indikator
Latihan 1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban .................................................... 
Rangkuman ....................................................................... 

Kegiatan Belajar 3: Keterampilan Membaca ( القراءة ).......... 
SK/KD/Indikator
Latihan 1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban .................................................... 
Rangkuman ....................................................................... 

Kegiatan Belajar 4: Keterampilan Menulis ( الكتابة ).......... 
SK/KD/Indikator
Latihan 1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban .................................................... 
Rangkuman ....................................................................... 
Tes Formatif 2 ...................................................................

Daftar Pustaka ......................................................................................................




MODUL III :
النشاطات فى البيت
Pendahuluan ..........................................................................................................
Tujuan Pembelajaran ………………………………………………………………….
Paparan Wacana tentang Kegiatan di Rumah …………………………..
Kosa Kata Baru ………………………………………………………………………….
Rangkuman Pembahasan ……………………………………………………….

Kegiatan Belajar 1 : Keterampilan Menyimak  ( الاستماع ) ......................................
SK/KD/Indikator
Latihan1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban .................................................... 
Rangkuman ....................................................................... 

Kegiatan Belajar 2: Keterampilan Berbicara ( الكلام )..........
SK/KD/Indikator
Latihan 1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban .................................................... 
Rangkuman ....................................................................... 

Kegiatan Belajar 3: Keterampilan Membaca ( القراءة ).......... 
SK/KD/Indikator
Latihan 1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban .................................................... 
Rangkuman ....................................................................... 

Kegiatan Belajar 4: Keterampilan Menulis ( الكتابة ).......... 
Latihan 1 ...........................
Latihan 2 ………………….
Latihan 3 ……………………
Rambu-rambu jawaban .................................................... 
Rangkuman ....................................................................... 
Tes Formatif 3 ...................................................................

Daftar Pustaka ......................................................................................................







GLOSARIUM
Glosarium Modul 1 ............................................................................................ 
Glosarium Modul 2 ............................................................................................ 
Glosarium Modul 3 ............................................................................................

KUNCI JAWABAN
Kunci Jawaban Modul 1 ........................................................................................
Kunci Jawaban Modul 2 ........................................................................................
Kunci Jawaban Modul 3 ........................................................................................
Tentang Penulis ............................................................................................
MODUL 1



الســـاعة






الـــــــعَـــــــــــرْضُ
انظر و استمع و أعد !
الحوار
الصورة
الأب : فِى أَىِّ سَاعَةٍ نَذْهَبُ إلى الْمَدْرَسَة ؟
أحمد : نَذْهَبُ فِى السَّاعَةِ السَّادِسَةِ وَالنِّصْفِ
بَعْدَ تَنَاوُلِ الفُطُوْرِ
أحمد : كَمِ السَّاعَةِ الآنَ ؟
الأب: السَّاعَةُ السَادِسَةُ
تَعَالَى نَتَاوَلُ الْفُطُوْرَ ، ثُمَّ نَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ

خالد : كَمْ سَاعَةً يَسْتَغْرِقُ الذِّهَابُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ ؟
أحمد : يَسْتَغْرِقُ نِصْفُ سَاعَةٍ
خالد : بِالسَّيَّارَةِ ؟
أحمد : نَعَمْ ، بِالسَّيَّارَةِ . اَلْمَدْرَسَةُ بَعِيْدَةٌ قَلِيْلاً عَنِ الْبَيْتِ .


محمود : مَتَى تَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَة ؟
أحمد : أَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ فِى السَّابِعَةِ
محمود : أَنَا أَعْمَلُ الْوَاجِبَ لَيْلاً قَبْلَ النَّوْمِ
أحمد : وَأَنَا أَنَامُ بَعْدَ الْمُذَاكَرَةِ فِى السَّاعَةِ الْحَادِيَةَ عَشَرَة لَيْلاً

Tidak ada komentar: