Jumat, 26 Juli 2013

ziah

“Ziah Maafkan Aku!”

“Pak bantuin dong, temen-temen kelasku pada gak mau tadarrus neh!, kan gak enak, kelas 7 aja pada mau tadarrus”
Akupun menarik nafas panjang. Lemahnya tubuh ini hampir tak mampu membuat bibir ini menjawab. Agak lama aku terdiam dan tidak meresponnya. Cukup lelah tadi malam mempersiapkan slide untuk penambahan materi bahasa Arab nanti siang. Terlebih nanti sore aku akan memulai menyeleksi anak-anak kelas 7 yang mungkin berbakat dalam futsal. Ya, meski pada bulan Ramadhan. Tak sabar aku ingin melihat bakat-bakat terpendam mereka. Semoga bisa memperkuat tim futsal madrasah ini. Pokoke aku harus hemat energiku. Thats all.
“Udah biarin aja”
Jawabku ringan,  nyaris putus asa dengan sisa-sisa suara yang kupunya setelah mengajar di kelas yang lain. Hari ini aku bertugas piket. Ziah Terlihat kecewa dengan jawabanku. Terkesan tak peduli sekali pada siswa-siswinya yang tidak taat pada k egiatan yang seharusnya dilaksanakan.
 Sesaat setelah ia berlalu. Otakku mulai berpikir betapa aku telah membuatnya kecewa. Aku salut  pada kepeduliannya terhadap program madrasah. Rekan-rekanku pedulikah?,
Astaghfirullahal’azhiim”.
Bahwa kelas kelas 7 dan 8 pastinya akan lebih mudah diatur dibanding kelas9. Bahwa hampir tidak mungkin menjalankan program tadarrus tanpa pengawasan guru di tiap kelasnya. Hanya ada 3guru di lantai 2 dan 3 untuk mengawasi  14 kelas. Belum sempat itu semua kusampaikan pada Ziah. Belum mampu mulut ini tuturkan.

Masih tak mampu bibir ini berkata-kata. Aku pun berbisik,
 “Ziah maafkan aku!”
Dalam kelemahan, aku tak mampu melawan kemalasan hanya untuk mengingatkan teman-temannya kelasnya untuk tadarrus. Betapa lemahnya iman ini.
“Masyaallah”
Semoga kedepan  seluruh civitas madrasah ini akan terus berbenah, belajar, belajar dan terus belajar, semakin peduli, semakin baik, semakin sayangi peserta didik sepenuh hati, semakin banyak bermanfaat bagi ummat. Sehingga kita bisa berdiri dengan bangga di hadapan-NYA di Yaumil Qiyamah karena telah berbuat maksimal. Amiiin Ya Robbal ‘Alamiin.
(luthfimulyadi,26/07/13-09.40)


Tidak ada komentar: